Pentingnya Training Dalam Operasional Dapur

Pentingnya Training Dalam Operasional Dapur
 
 
Untuk meningkatkan  system operasional yang baik dan lancar maka sebagai pemimpin di dalam dapur harus berusaha melatih, rekan kerja sehingga bisa mensupport dengan baik segala jenis tantangan yang akan di lalui di hari depan.
 
Beberapa pemimpin dapur biasa nya menganggap remeh masalah training dan ber-anggapan anak buah nya sudah pintar dan bisa melakukan semua pekerjaan nya, namun ketika ada komplain, barulah chef nya marah-marah dan mengatakan anak buah nya bodoh, goblok dan sebagai nya, pada hal Chef belum melakukan Training yang sebagaimana standar pembuatan salah satu produk yang baik.
 
Kejadian ini lasim nya terjadi di Hotel yang sudah lama ber-operasional dan karyawan kitchen nya sudah terlalu lama mengabdi, sehingga pola lama dalam bekerja masih terbawa meskipun Executive chef nya sudah baru, dan executive chef yang baru juga tidak melakukan training.
 
Namun ada kala nya crew kitchen yang lama, sok-sok pintar dalam menjalankan operasional dalam dapur, sehingga menggap remeh executive chef yang baru, sehingga ketika ada training menambah pengetahuan, tidak mau ikut karena dia berpikir sudah tahu segala nya.
 
Dunia kuliner setiap saat selalu "ter-inovasi" dan siapa saja yang beranggapan sudah pintar dan tidak mau belajar dari orang lain dialah yang paling  bodoh se dunia", mengapa saya katakan itu?? karena sebagian kecil culinary profesional merasa dialah yang paling pintar sehingga tidak mau belajar dari orang lain.
 
Saya teringat waktu bekerja di salah satu properti, biasanya mencincang bawang putih dalam jumlah banyak  membutuhkan waktu yang lama menggunakan pisau, karena tidak ada grinder dan sejenisnya, namun anak buah saya yang bekerja di cafe kecil melakukan dengan cepat dan hasil nya boleh di katakan bagus.
 
Cara nya belum pernah saya lihat selama saya bekerja di properti sebelum nya, Cara mencincang nya sangat unik dengan menggunakan blender biasa, kemudian bawang putih di campur air yang banyak, lalu di blender sebentar, setelah itu di saring dengan saringan lalu airnya di peras, jadilah bawang putih cincang yang baik dan bersih dan tahan lama di simpan.
 
Tanpa grinder,Robo coupe yang biasa di gunakan untuk mencincang, pakai blender biasa pun bisa mendapatkan hasil yang baik.
 
Inilah suatu pelajaran bagi kita untuk terbuka diri  menerima informasi dari manapun juga, apabila kita terlalu menganggap diri kita pintar, maka kita telah menutup informasi yang akan masuk kedalam pengalaman kita.
 
Dalam meningkatkan operasional dalam dapur, sangat perlu di lakukan training kepada team untuk membentuk atu  mata rantai pengetahuan dan keahlian yang mantab dalam menunjang operasional setip saat.
 
Dalam property Hotel Chains,  setiap department head di haruskan melakukan  training, dan bagi staf yang tidak ikut training di kenakan sangsi administrasi. Dengan adanya seperti ini karyawan sama saja dengan mengikuti kuliah dalam kampus, hanya beda nya karyawan mendapat bayaran tanpa mengeluarkan biaya, pada akhirnya juga  karyawan mendapatkan ijazah kelulusan nya ketika resign sesuai dengan prosedur.
 
Surat pengalaman kerja itu merupakan Ijazah kita untuk di gunakan dalam menjalani karir selanjutnya, dengan ijasah tersebut kita bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan gaji yang lebih layak, yang tentunya harus di ikuti dengan " Knowledge &Skils" yang di pelajari di hotel sebelum nya.
 
Berikut ini adalah contoh simple dalam melakukan training, materi training di ambil dari hasil operasional kita setiap saat.