Touring to Minahasa Tenggara


MINAHASA TENGGARA MENYIMPAN PANORAMA YANG  UNIK, INDAH  DAN PATUT DI KUNJUNGI OLEH SEMUA ORANG

Berbicara tentang panorama yang mempesona, ...... Kabupaten Minahasa Tenggara atau MITRA-SULUT  patut anda perhitung kan dalam dunia Pariwisata.

Mengapa Tidak !!!! Karena belum terkelolah dengan baik ternyata  di kabupaten ini menyimpan sebuah panorama pariwisata yang bisa membuat mata dan hati kita merasa tenang , nyaman dan bahagia,   panorama apa saja yang ada di kabupaten Minahasa Tenggara-Sulawesi Utara. perjalanan saya kali ini ber ujung di salah satu pulau yang benar- benar sangat harus  di kunjugi oleh setiap orang dari penjuru dunia . Berikut ini ulasan Singkat nya.

Pagi subuh saya sudah bersiap-siap dengan Motor Touring kesayangan saya untuk menjelajahi tempat wisata di kabupaten Mitra serta mempersiapkan peralatan dan keperluan Camera untuk mendokumentasi perjalanan wisata touring . Saya pertama mejelajahi Jalan lingkar yang baru saja di buat oleh Pemerintah Kabupaten MITRA untuk memperluas pembangunan kota. 



Di atas puncak saya mendapatkan gambar SUNRISE yang sangat mengagumkan dan membuat  terpesona, hanya dalam hitungan detik saya mengabadikan nya dengan beberapa kali jepretan.


Cahaya Matahari akan Muncul 

Sunrise Mulai Muncul dari kegelapan

Matahari mulai Menampakkan wajahnya

Sunrise makin meninggi


Sunrise Memancarkan cahaya nya

Akhirnya Matahari bersinar penuh menerangi bumi Minahasa Tenggara



Setelah mengabadikan Gambar Sunrise ini, saya melanjutkan perjalanan saya menuju KANTOR BUPATI MINAHASA TENGGARA untuk melihat  keberadaan Kantor  yang begitu megah dan mempesona karena kantor ini terletak sangat strategis dan memiliki pemandangan yang tentunya bisa memberikan kelegahan setelah sibuk bekerja.

Inilah bentuk kantor BUPATI MITRA yang akan terlihat ketika anda pertama kali akan mengijakkan kaki anda di halaman kantor BUPATI. Bupati dan Wakil Bupati  yang menjabat saat itu adalah : James Sumendap SH dan Ronald Kandoli
James Sumendap (JS)

Dalam Perjalanan saya ini ada sesuatu yang menarik perhatian saya, yaitu sebuah papan yang bertuliskan slogan motivasi dan janji, hal ini tentu nya sangat baik agar mendorong pegawai yang ada di MITRA bisa bekerja dengan baik.

Dengan adanya slogan ini saya sebagai masyarakat  mencoba untuk Melihat langsung  kinerja pegawai nya apakah sesuai dengan Slogan itu atau tidak, ternyata hal itu  membuat  hati saya puas, karena dalam Pengurusan  IJIN USAHA CV. SAGUERS CULINARY MANAGEMENT PARTNER , saya di bantu dengan sebaik mungkin oleh pegawainya dan anda bisa membaca ulasan nya    ( klik  disini)



Inilah Slogan dari PEMERINTAH KABUPATEN MINAHASA TENGGARA


Ketika Saya masuk ke area depan kantor BUPATI, ada suguhan pemandangan yang sangat indah untuk di nikmati, dan rugi apabila anda tidak mengabadikan diri anda di sana, angin pagi yang bertiup sepoi-sepoi dan pemandangan yang indah membuat serasa berada dalam ketenangan surga...hehehehe...



Note : Pemandangan ini sebetul nya sangat Jauh sekali, 
namun di Zoom dengan Lensa Nikon  AF-s .55-200 hasilnya seperti ini.

Pemandangan jauh ke arah laut yang begitu mempesona, serasa kita harus  bergegas menuju pantai dan pulau yang berada di sana. Pemandangan yang anda simak di atas sebentar nanti akan saya jelajahi dan salah satu foto pemandangan pulau nya sudah saya tampilkan di awal tadi.

Setelah saya melanjutkan perjalanan saya masuk lebih dalam di area kantor BUPATI, ternyata kantornya sangat teratur dan rapih dengan design bangunan mirip di timur tengah yang ada Kubah nya, apabila di pasang SALIB menjadi Gereja dan apabila di pasang Lafaz ALLAH atau Bulan sabit  Menjadi Masjid.... hehehehe   ice breaker aja ...... Semua kantor dinas berjejeran secara teratur sehingga barang siapa yang datang mengurus sesuatu sudah tidak perlu ribet mencari kantor Dinas yang di butuhkan, karena sudah tersedia di satu lokasi area yang strategis.



Inilah  pemandangan di dalam area halaman kantor dinas BUPATI MITRA, keadaan agak sepi karena saya survive saat itu kebetulan hari Minggu jadi tidak terlihat kesibukan pegawai, dan hanya ada beberap Polisi Pamong Praja yang berjaga-jaga.

Didalam area perkantoran ini ada pemandangan yang tidak kalah menarik, kalo tadi di awal masuk kita di suguhkan dengan pemandangan ke arah  laut, sekarang ini kita di suguhkan dengan pemandangan GUNUNG SOPUTAN yang tidak kalah indah nya.



Foto : Inilah Pemandangan  Pegunungan dari dalam Area kantor BUPATI dan jajaran nya, yang pasti  bisa membuat semua pegawai tidak mau pulang dari tempat kerja. hehehehe.

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Setelah selesai menikmati dan mengambil gambar  di dalam area Kantor BUPATI MINAHASA TENGGARA , saya segera mempersiapkan diri untuk  menuju  Pantai LAKBAN yang tepatnya berada di kecamatan RATATOTOK di lokasi dulunya Area PT.NEWMONT MINAHASA RAYA salah satu Tambang emas terbesar di Sulawesi Utara saat itu.


Dengan Mengendarai Motor Modif Touring Perjalanan yang berliku-liku bisa di tempuh dengan waktu  kurang lebih 1,5 jam dengan kecepatan terkadang  60- terkadang 80- dan juga 100 di sesuaikan dengan keadaan jalan.

Akses jalan menuju Pantai LAKBAN cukup baik hanya ada beberap yang sudah mulai rusak, dan sangat panjang yang baru di perbaiki.

Setelah tiba lokasi dengan biaya Rp.6.000,- / orang,  kita sudah bisa masuk ke kawasan wisata yang panoramanya tidak kalah menarik dengan tempat lain.

setelah saya selesai memarkir motor, saya melihat  suatu pemandangan yang sangat menarik untuk di dokumentasikan yaitu sebuah tugu menara  yang terdapat di Masjid dan sebuah salib besar berdiri megah di atas bukit yang menandakan kebersamaan dan persaudaraan antara umat beragama di MINAHASA TENGGARA.



Foto : Inilah tampilan pemandangan dari bawah ke atas bukit persaudaraan 
 yang terletak di Pantai LAKBAN  Kecamatan Ratatotok Kabupaten MINAHASA TENGGARA Sulawesi Utara. 

Setelah selesai  mendokumentasi dari bawah saya berusaha untuk mendaki bukit  untuk melihat pemandangan dari atas, dengan melewati jalan yang melingkar yang belum selesai di bangun, saya tiba di atas dengan hati yang gembira karena rasa capek segera hilang karena melihat Pemandangan nya yang sangat indah mempesona.




Foto : Panorama Alam PANTAI LAKBAN dari Atas Bukit Persaudaraan

Dari atas bukit ini kita bisa melihat panorama alam yang sangat mengugah jiwa untuk mensyukuri ciptaan TUHAN yang maha kuasa. 

Untuk menikmati  dan mengelilingi pulau-pulau di sekitar pantai lakban, maka segera saya bergegas  turun bukit persaudaraan melalui tangga yang sudah  di siapkan oleh pemerintah daerah MINAHASA TENGGARA , harus berhati-hati karena tangga turun agak curam sehingga di butuhkan extra hati-hati.

Setelah tiba di bawah, saya menuju tempat penyewaan Kapal untuk rental sekali berlayar ke pulau sekitar nya, Sebetulnya untuk menuju pulau  NAGA dan DOKA KAYU hanya membutuhkan uang sebesarRp.15.000,- sampai dengan  Rp.20.000,- per orang sekali jalan, namun satu kapal (perahu) harus di muat 10-12 orang baru bisa jalan . Agak lama menunggu akhirnya saya menyewah satu perahu yang ada musik nya, dari sekian banyak perahu hanya ada satu perahu yang di lengkapi dengan sound system.




Foto :  Salah satu Kapal (Perahu) Motor yang baru selesai melayani 
penumpang mengeliligi Pulau Naga san sekitarnya.


Setelah selesai dengan negosiasi, akhirnya saya naik di atas perhu bagian depan agar bisa leluasa dalam proses pengambilan gambar.

Dalam perjalanan ada beberakali saya jepret untuk dokumentasi pribadi , dari kejauhan sudah terlihat keindahan pulau yang akan kami tuju.













 Foto : Pondok Tempat beristirahat terdapat di pulau Doka Kayu dengan
 pemandangan utama pulau Naga




 Foto : Di bawah Pulau Naga dengan keindahan karang
 bawah lautnya yang tidak kalah menarik dengan tempat lain.




 Foto : Pulau kecil Mungil yang menghiasi menambah indahnya
 Pulau Doka Kayu dan Pulau Naga

 Foto: Pulau Naga Tampak dari Pulau Doka Kayu


Foto : Pondok Tempat beristirahat di atas Pulau Doka Kayu





Berikut ini kami tampilkan aktifitas kegiatan yang saya documentasikan di pantai LAKBAN  Kecamatan Ratatotok KABUPATEN MINAHASA TENGGARA


























Masih Banyak lagi Potensi lain yang sangat perlu di publikasikan namun dengan terkendala Waktu dan Dana, maka sampai bertemu di tulisan kerikutnya tentang  MITRA DESTINATION.

Salam Sukses dan TUHAN MEMBERKATI MINAHASA TENGGARA, TUHAN MEMBERKATI KITA SEMUA.